Khat Tsuluts

Kaligrafi thuluts sendiri merupakan kaligrafi yang dibuat pertama kali pada abad ke 7 pada zaman kejayaan khalifah Ummayah, akan tetapi Kaligrafi Khat Thuluts ini baru terkenal berkembang dan pada akhir abad ke 9. Kata Thuluts sendiri artinya tiga, mungkin dalam pembahasan ini disebabkan tulisan ini mempunyai ukuran lebih sepertiga dibanding dengan gaya tulisan kaligrafi yang lainnya.

Meskipun tulisan kaligrafi yang satu ini sangat jarang digunakan untuk tulisan Al-Quran, namun khat Thuluts sendiri tetap populer dan juga memegang peranan penting khususnya untuk tulisan hiasan ataupun dekorasi judul atau kepala surat. Tulisan kaligrafi khat Tsuluts ini juga sangat populer digunakan untuk dekorasi dinding masjid, musholla, serta produk kaligrafi yang lain.

 

Kaligrafi khat Tsuluts berkembang menjadi beberapa gaya, yaitu diantaranya adalah :

1. Khat Tumar

Kaligrafi Khat Tumar sendiri dibuat oleh Qutbah Al-Muharir yang mulai berkembang pada masa Bani Umayyah dan biasa ditulis dengan ukuran yang besar dan dengan kaidah yang simple.

Kaligrafi khat yang satu ini sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai dekorasi dinding rumah maupun media lainnya yang berukuran besar.

2. Khat Muhaqqaq

Kaligvrafi Khat Muhaqqaq ini dibuat oleh Ibnu Bawab pada tahun 413 H. Imbnu Bawab merupakan kaligrafer yang mayshur setelah kaligrafer Ibnu Muwlah.

3. Khat Tsulus Handasi

Gaya tulisan kaligrafi yang satu ini memiliki ciri khas yaitu menyusun setiap huruf dan kata secara geometrik ( handasi ) dan terlihat indah. Sehingga menjadi sebuah dasar keserasian, kekompakan, dan penyatuan sebuah karya seni yang indah dan eksotis.

4. Khat Tsulus Mutanazir

Mutanazhir sendiri berarti saling memantul. Dinamakan juga Khat Tsuluts Mir’at / cermin. Gaya tulisan yang satu ini tidak terlepas dari pengaruh terhadap kebudayaan muslim yang saling membalas hal kebaikan.

 

Contoh Khat Tsuluts